Pages

Subscribe:

Rabu, 25 September 2013

17 Teknik Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak

Share
Biasanya para orangtua atau pun orang dewasa di sekelilingnya khawatir manakala mendapatkan anaknya di usia 2 atau 3 tahun belum lancar berbicara. Kelambanan berbahasa dapat terjadi sekalipun telah dilakukan usaha yang maksimal. Menurut American Speech-Language-Hearing Association, berbagai hambatan dalam berbicara, berbahasa, maupun hal yang berhubungan dengannya diderita oleh sekitar 14 juta orang Amerika. Pada tahun 1999, sekitar 8-12% anak berusia 3-5 tahun memiliki berbagai jenis cacat permanen atau hambatan bahasa.

Para orang tua dan pengasuh harus mengerti bagaimana penerimaan bahasa bekerja, karena keterlibatan mereka merupakan hal yang penting untuk meningkatkan perkembangan yang normal dan mengidentifikasikan berbagai masalah yang potensial.

Salah satu cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan bahasa yang normal adalah dengan menyediakan suatu lingkungan dimana seseorang anak membutuhkan komunikasi tanpa perlu dipaksa untuk melakukannya.

Berikut ini ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan:
  1. Doronglah dan tanggapi berbagai usaha yang dilakukan anak Anda untuk berkomunikasi. Sebisa mungkin, berbicaralah dengan anak mengenai apa yang sedang terjadi. Contohnya apabila Anda sedang mencuci baju sementara anak Anda berada di dekat Anda, bicaralah dengannya mengenai apa yang sedang terjadi. Jawablah usaha komunikasinya seperti celotehannya, tanda heran, kontak mata, dll, dengan tanggapan yang serupa
  2. Ikuti saat anak Anda memimpin. Berbicaralah tentang sesuatu yang menarik baginya pada saat itu, bukan yang menarik bagi Anda.
  3. Berbicaralah mengenai benda-benda yang terlihat maupun peristiwa yang baru terjadi
  4. Buatlah kalimat-kalimat yang singkat
  5. Sederhanakan kalimat Anda
  6. Ulangi dan nyatakan kembali
  7. Lebih-lebihkan ingonasi Anda dan tekankan pada kata-kata yang penting
  8. Gunakan kosakata yang sederhana dan konkret
  9. Gunakan kata-kata yang memiliki terapan luas. Pilihlah kata yang dapat digunakan berkali-kali bagi objek dan peristiwa. Contohnya kata pergi dapat digunakan untuk menggambarkan mengendarai mobil, berjalan kaki, berlari, dsb.
  10. Berbicaralah sejajar dengan mata anak Anda
  11. Bersemangatlah
  12. Libatkan anak dalam beraktivitas
  13. Perlambat dan ambillah waktu jeda. Kurangi kecepatan berbicara Anda sehingga anak dapat belajar untuk membedakan berbagai bunyi dan kata.
  14. Hindari menggunakan cara bicara bayi. Sebisa mungkin, doronglah anak Anda untuk menggunakan bicara orang dewasa.
  15. Jangan mendominasi percakapan
  16. Jangan terlalu banyak bertanya dan memerintah
  17. Perlihatkan harapan Anda. Tunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda mengharapkan mereka untuk berkomunikasi. Sebagai contoh, setelah mengatakan sesuatu padanya, jagalah kontak mata dan lihatlah ke arahnya dengan tatapan seolah mengharapkan sesuatu.
(Sumber: Dyer, Laura. Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak. Jakarta: Buana Ilmu Populer.  2009)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Nuhun ah......Alhamdulillah,...Sukses nya Bu Irni.

Irni Wulandari mengatakan...

Sami-sami... Siiip atuh Kang Wagi...

Posting Komentar