Pages

Subscribe:

Selasa, 21 Februari 2012

Apakah Kecerdasan Emosional (EQ) itu?

Share
Kenyataan bahwa tidak semua anak dengan IQ tinggi kelak berhasil dalam dunia kerja, akademis dan kehidupan sosial mereka, membawa para ahli pada konsep kecerdasan emosional atau EQ.

Kecerdasan emosional kian sering disebut-sebut sebagai penentu keberhasilan masa depan anak. Berbagai penelitian dalam bidang psikologi anak telah membuktikan bahwa anak-anak dengan kecerdasan emosional yang tinggilah anak-anak yang bahagia, percaya diri, populer dan lebih sukses di sekolah. Kecerdasan emosional yang diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah kehidupan ini, terbukti merupakan dasar penting untuk menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab, penuh perhatian dan cinta kasih, serta produktif.

Istilah kecerdasan emosional pada mulanya dilontarkan oleh dua ahli psikologi, Peter Salovey, dari Universitas Harvard, dan John Mayer, dari Universitas New Hampshire. Istilah ini kemudian dipopulerkan oleh Daniel Goleman, penulis buku laris Emotional Intelligence: "Why it can matter more than IQ" (1995).

Salovey dan Mayer mendefinisikan EQ ini menjadi lima wilayah utama, yaitu:
  1. Kemampuan untuk mengenali emosi diri sendiri
  2. Kemampuan untuk mengelola dan mengekspresikan diri sendiri dengan tepat
  3. Kemampuan untuk memotivasi diri sendiri
  4. Kemampuan untuk mengenali orang lain
  5. Kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain
Mengenai penggunaan istilah EQ sebagai sinonim kecerdasan emosional, Salovey dan Mayer menyatakan keberatan mereka, karena khawatir bahwa orang akan salah mengerti dengan berpikir bahwa ada tes akurat untuk mengukur EQ atau bahwa EQ adalah suatu ukuran. Dalam menjabarkan arti kecerdasan emosional, mereka menggunakan pengertian "kecerdasan pribadi" yang dikemukakan oleh Howard Gardner sebagai definisi dasar, yaitu: kemampuan untuk memahami orang lain, apa yang memotivasi, serta cara bekerja dan cara bekerja sama dengan mereka.

Dikutip dari: Panduan Tumbuh Kembang (0-24 bulan): Mengenal IQ & IQ Bagi Si Kecil

0 komentar:

Posting Komentar