Pages

Subscribe:

Minggu, 26 Februari 2012

ORANG TUA PUN PERLU SEKOLAH

Share
Tak diragukan lagi, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang pandai. Banyak orangtua memilih sekolah yang bagus dengan biaya tak sedikit demi mewujudkan impiannya memiliki anak yang sukses dalam kehidupannya.

Namun, orang tua lupa, bahwa untuk membentuk anak yang cerdas, dibutuhkan orang tua yang cerdas pula.. Kadang orang tua menuntut anaknya belajar, namun mereka sendiri tidak pernah belajar dan meningkatkan pengetahuannya.. Hanya bermodalkan naluri dan pengalaman yang diperolehnya dari orangtuanya dulu, mereka merasa cukup sehingga secara tidak sadar, orang tua mendidik anaknya sama dengan orang tua mereka mendidiknya. Padahal sekarang zaman sudah berubah, dimana tantangannya pun bertambah. Sudah pasti diperlukan komunikasi yang cocok untuk membangun hubungan yang baik antar anak dan orang tua.

Lalu, adakah sekolah khusus untuk orang tua? Ternyata ada... Salah satunya adalah training khusus bagi orang tua yang dikenal dengan nama PET (Parent Effectiveness Training). Yayasan Pendidikan Jaya (YPJ) sebagai lembaga nirlaba dari kelompok Pembangunan Jaya-kelompok perusahaan milik konglomerat Ir. Ciputra, merupakan pemegang lisensi dari effectivenes Training Inc., AS. Sampai kini YPJ adalah satu-satunya lembaga di Indonesia yang dipercaya untuk menyelenggarakan Parent Effectiveness Training (PET).

Program pelatihan ini dirancang oleh Dr. Thomas Gordon, ahli psikologi klinis dari AS. Sebelumnya program PET Indonesia ini diberi nama dengan nama Kursus Motif (Menjadi Orang Tua Efektif), yang dibuka sejak tahun 1985. Dalam PET peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampian menjadi orang tua efektif lewat pngajaran. Namun keterampilan mereka dalam komunikasi masih diasah lagi dengan diskusi, permainan peran (role playing), penghayatan, dan latihan menerapkannya di lingkungan keluarga setelah melalui proses pengendapan selama pelatihan berlangsung.

Agar penerapannya di dalam keluarga tidak terhambat, kedua orang tua dituntut untuk sama-sama memiliki bekal berkomunikasi yang efektif. Makanya, disarankan agar peserta didik bukan cuma ibu atau bapak, tapi keduanya.

PET diselenggarakan dalam 8 kali pertemuan, masing-masing selama 3 jam. Seminggu 2 kali, dengan waktu yang dapat diatur dan disesuaikan dengan kesibukan. Ada jadwal pagi hari, atau siang dengan jumlah peserta dibatasi paling banyak 30 orang per angkatan, agar pelatihan dapat berlangsung efektif.

Apa saja manfaat dari PET?·
  • Anak-anak Anda akan merasa bebas untuk mendiskusikan masalah dan kekhawatiran mereka dengan Anda, bukan menarik diri
  • Mereka akan belajar disiplin diri, kontrol diri dan rasa tanggung jawab pribadi.
  • Anda akan belajar bagaimana bekerja dengan satu sama lain bukan melawan satu sama lain.
  • Anda akan mengalami ledakan marah lebih sedikit serta lebih mengarahkan pada pemecahan masalah.
  • Setiap orang dapat berpartisipasi dalam aturan-pengaturan sehingga semua akan merasa termotivasi untuk mematuhi aturan.
  • Lebih sedikit perebutan kekuasaan-kurang ketegangan, kebencian kurang, lebih menyenangkan, lebih damai, lebih banyak cinta.

Apa yang Akan Anda Pelajari?
  • Bagaimana berbicara dengan anak Anda sehingga mereka akan mendengarkan Anda.
  • Cara mendengarkan anak-anak Anda sehingga mereka merasa benar-benar dipahami.
  • Cara mengatasi konflik dan masalah dalam keluarga Anda sehingga tidak ada yang kehilangan dan masalah tetap diselesaikan.
  • Sebuah metode untuk memecahkan masalah keluarga dan mengetahui mana keterampilan untuk menggunakan untuk menyelesaikannya.
Nah... bagaimana para orang tua? Anda berminat untuk sekolah? Suatu keharusan bahwa untuk menjadikan anak Anda cerdas, diperlukan orang tua yang cerdas. Memang betul bahwa belajar itu sepanjang hayat, tak ada kata terlambat untuk belajar, meskipun Anda sudah menjadi orang tua...

0 komentar:

Posting Komentar